Waktu tidur yang dilarang dalam Islam

Waktu tidur di pagi hari

Tidur di waktu shubuh dan setelah shubuh atau dengan kata lain di pagi hari sangatlah nikmat rasanya. Akan tetapi ternyata dibalik kenikmatan tersebut terdapat keburukan di dalamnya, sebagaimana yang telah dilarang oleh Rasulullah SAW.

Kenapa Rasulullah SAW melarang umatnya tidur di waktu pagi hari? Tidur di waktu pagi hari dapat menimbulkan rasa malas untuk melakukan aktivitas di sisa harinya, sehingga kemungkinan besar untuk bekerja sangat kecil. Dan secara tidak langsung kemungkinan besar hal tersbeut akan menghambat datangnya rizki.

Baca Juga : Waktu tidur yang baik menurut Islam untuk Kesehatan – ala Rasul

Selain itu, berdasarkan penelitian kesehatannya, tidur di waktu pagi hari dapat menyebabkan gangguan metabolisme tubuh, tubuh akan menjadi lebih lemah dan lesu. Maka tidak heran jika tidur di pagi hari, apalagi dalam waktu yang lama, dapat menghambat rizki.

Waktu tidur di sore hari

Sebagian ulama mengatakan, “Siapa saja yang tidur setelah waktu ashar sehingga terganggu kejiwaannya, maka janganlah ia mencaci selain dirinya sendiri.

Sadar atau tidak disadari, setiap kali orang tidur di waktu sore tepatnya waktu ashar akan merasa kebingunan setelah bangun dari tidurnya. Bahkan ada sebagian orang yang mengalami gangguan kejiwaan serius setelah tidur di waktu ashar selama 40 waktu berturut-turut. Wallahua’lam.

Waktu tidur setelah maghrib

Baca Juga : Waktu tidur yang dilarang dalam Islam

Rasulullah SAW membenci tidur sebelum shalat isya dan berbincang-bincang setelahnya. Karena tidur di waktu maghrib dan atau mengobrol di waktu maghrib dan sebelum shalat isya dikhawatirkan dapat meninggalkan kewajiban shalat isya.

Waktu tidur setelah makan

Tidur setelah makan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, karena proses pencernaan pada waktu itu akan mengalami kegagalan proses pencernaan makanan.

Waktu tidur sepanjang hari

Makruh hukumnya tidur di sepanjang hari. Terlalu banyak tidur apalagi sampai sepanjang hari akan menyebabkan gangguan hari, membuat malas dan tentunya gangguan kesehatan pada tubuh lainnya.

Waktu tidur dengan posisi tengkurap

Rasulullah SAW mengatakan bahwa tidur dengan posisi tengkurap adalah tidurnya orang-orang yang dimurkai Allah SWT. (lihat hadits riwayat Al-Bukhari, At-Tirmidzi no 2768). Bahkan dalam HR. Ibnu Majah, no. 3724, Rasulullah SAW mengatakan bahwa tidur tengkurap adalah tidurnya penghuni neraka.

Selain itu berdasarkan penelitan kesehatannya, tidur dengan posisi tengkurap berbahaya bagi kesehatan karena tidur dengan posisi tengkurap dapat mengakibatkan gangguan pernapasan. Hal tersbeut terjadi dikarenakan dada tidak dapat mengembang secara maksimal pada saat bernafas sehingga aliran oksigen pada pernafasan pun mengalami hambatan. Selain itu juga dapat membuat otot-otot leher dan pundak serta kepala akan merasa nyeri dan sakit setelah bangun dari tidur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s