Pemegang Rekor ‘Fastest Lap’ Terbanyak di MotoGP

Ajang kejuaraan Grand prix balap motor yang dimulai sejak tahun 1949 dan diselenggarakan oleh FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) telah menghasilkan pembalap–pembalap bertalenta. Rekor demi rekor pun tercipta diantaranya seperti rekor fastest lap, juara grand prix termuda, maupun jumlah pemegang gelar terbanyak sepanjang masa.

Adalah Giacomo Agostini yang masih menduduki posisi teratas untuk beberapa rekor sampai saat ini. Untuk rekor juara dunia terbanyak masih menjadi miliknya dengan total raihan 15 kali juara. Di urutan kedua ada pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi yang telah mengemas 9 kali juara dunia.

Baca Juga : impian Rossi sebelum pensiun
kewaspadaan Marq pada Vinales

Begitu juga untuk rekor fastest lap, belum ada pebalap yang sukses mengalahkan rekor fastest lap (lap tercepat) terbanyak milik lima belas kali juara dunia, Giacomo Agostini. Pria asal Italia ini, hingga kini masih memegang 117 fastest lap dalam balapan.

Agostini pun diikuti sembilan kali juara dunia yang hingga kini masih aktif membalap untuk Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi dengan 95 fastest lap. Dengan kontraknya bersama Yamaha yang baru akan habis pada akhir 2018 mendatang, Rossi masih punya 36 seri untuk mengalahkan rekor Agostini.

Baca Juga : Rekor TopSpeed MotoGP

Perlu kita ketahui bahwa, Valentino Rossi atau yang sering disebut sebagai legenda hidup MotoGP,merupakan pembalap tersukses sepanjang masa dengan meraih 9 kali juara dunia,1 gelar di kelas 125cc,1 gelar di kelas 250cc dan 7 gelar di kelas utama MotoGP.

Valentino Rossi dalam waktu tujuh tahun berkarir di grand prix sepeda motor(MotoGP) mampu meraih kemenangan di 4 kelas berbeda,yaitu kelas 125cc,250cc,500cc,dan MotoGP.

Valentino Rossi adalah Putra dari Graziano Rossi dan Stefania Palma yang lahir di Urbino,Italia 16 Februari 1979.Valentino Rossi memulai balapan di kelas 125cc pada tahun 1996 untuk Aprilia dan memenangkan Kejuaraan Dunia pertamanya pada tahun berikutnya.

Para pembalap Italia tersebut diikuti oleh pembalap berkebangsaan Inggris yakni Angel Nieto yang telah meraih 81 kali, Mike Hailwood 79 kali dan juga pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa dengan 62 kali.

Sementara itu untuk bintang MotoGP yang saat ini tengah bersinar Marc Marquez ada di posisi keenam. Di usianya yang ke 23 tahun saat ini ia sudah membukukan 50 kali fastest lap. Rekan senegaranya dari Ducati Corse sekaligus pemenang GP Valencia lalu yakni Jorge Lorenzo juga berhasil menjadi 10 besar sebagai pembalap dengan raihan fastest lap terbanyak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s