Sejarah Logo Manchester United Setiap tahunnya |Perubahan Logo M.U

Image result for sejarah logo manchester unitedPada tahun 1878 belum ada klub dengan nama Manchester United, pada tahun itu klub bernama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railwaiy F.C dan merupakan sebuah karya dari Lancashire dan Yorkshire, lalu kata Newton Heath adalah nama stasiun kereta api. 

Tahun 1902 tim tersebut bangkut dan nyaris bubar, setelah menjalani konflik berliku akhirnya terpilh lah Davies sebagai Chairman tim. Kemudian Davies mengadakan rapat untuk merombak tim dan mendapatkan nama baru untuk mengganti nama sebalumnya yaitu Manchester Central dan Manchester Celtic namun seorang imigran bernama Louis Rocca menyarankan “Tuan-tuan bagaimana jika kita menggunakan nama Manchester United?” kemudian nama tersebut di resmikan pada 26 april 1902 lalu Davies memutuskan untuk mengganti warna baju menujadi Merah dan Putih. 

Baca Juga :Perubahan Logo Club Raksasa Eropa dari masa ke masa

Seiring perubahan jaman logo Manchester United mengalami beberapa transformasi bentuk. Berikut ini beberapa perjalanan perubahan logo pada Manchester United.

Pada tahun 1940 barulah Manchester United memperkenalkan logo yang digunakan pada atribut tim saat itu. Pada logo tersebut terdapat 2 binatang dan perahu lalu tulisan “Concilio et Labore” yang memiliki arti kebijaksanaan dan usaha. Arti dari lambang perahu pada logo Manchester United yang sampai saat ini ada yaitu ketika pada pertengahan abad ke 19 kota Manchester mengalami revolusi industri diataranya yaitu industri kereta api. Tanpa disadari revolusi tersebut meningkatkan perekonomian pada kota tersebut. 

Tidak hanya perekonomian saja namun jumlah penduduk berkembang pesat pada saat itu, saya tidak menulis jumlah peduduk pada saat itu karena informasi yang saya dapatkan sangat berbeda-beda. Dalam 50 tahun kota Manchester mengalami kemajuan pesat dengan melakukan import-export lewat jalur kereta api menuju pelabuhan di kota Liverpool. 

Penduduk dan tim sepak bola Manchester ternyata sering di ejek oleh para pemain dan penduduk liverpool karena menggunakan pelabuhan liverpool. Tepat tahun 1887-1894 Manchester juga membangun dermaga dengan akses langsung ke laut jadi tidak harus menggunakan dermaga liverpool.

Ini merupakan faktor utama dan awal perselisihan 2 kota terbesar di inggris, tidak hanya di sepakbola saja. Gambar perahu tersebut melambangkan kemakmuran rakyat Manchester dibidang kelautan tanpa harus bergantung pada dermaga liverpool.

Sekitar tahun 1950-1960an terjadi perubahan total pada logo Manchester United dengan tampilan yang lebih sederhana dan ramping. Logo tersebut di dominasi oleh warna merah dengan memasukan nama “Manchester United Football Club” dan menghapus tulisan latin menandakan bahwa Manchester United sudah menjadi klub sepak bola profesional.

Tahun 1970an tepat di era Sir Matt Busby logo pun mengalami perubahan dimana 3 strip yang berada pada logo di hilangkan dan diganti oleh gambar setan dengan memegang trisula. Pada saat itu Manchester United yang di pimpin oleh Sir Matt Busby mendapat julukan Red Devil karena kekuatan tim pada saat itu. Lalu logo tersebut digunakan hingga tahun 1998.

Berikut ini adalah logo yang paling terbaru yang sekarang digunakan oleh klub. Logo terbaru tersebut  menghapus tulisan “Football Club” pada logo dengan maksud klub telah menjadi saham public. Hingga saat ini klub masih di pegang oleh keluarga Glazer. Gambar perahu dengan 4 layar dipuncaknya dan kanal adalah bentuk gambaran rakyat Manchester untuk membebaskan diri dari ketergantungan pelabuhan Liverpool. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s