Sejarah Logo AC Milan dari masa ke masa

LOGO AWAL MILAN

logo awal AC Milan
(1899-1916)

Pada awal pembentukannya, logo Milan menggunakan perpaduan warna merah hitam dan tambahan lambang bendera Saint Ambrose, yaitu sebuah bendera putih berlambang seperti salib. Penggunaan lambang saint ambrose juga untuk menghormati bangsa inggris karna memang pendiri Milan merupakan orang asli negeri Ratu Ellizabeth. Namun ada juga beberapa pendapat yang mengatakan bahwa bendera tersebut merupakan representasi dari bendera perang salib.
Pada tahun-tahun berikutnya hingga tahun 1960an logo milan tidak banyak mengalami perubahan, masih tetap mempertahankan warna dan logo utama.

Baca Juga :Perubahan Logo Club Raksasa Eropa dari masa ke masa

 

logo AC Milan
1961-1964
Pada musim 1961/62 Milan mulai melakukan perubahan signifikan pada logo mereka. Yaitu dengan menambahkan logo Devil (Diavollo dalam bahasa Italia) dengan tetap mempertahankan warna kebesaran mereka yaitu merah hitam (Rosso Neri). Pada logo Milan yang ini berkembang berbagai mitos tentang dunia mistis terkait lambang Milan. (tapi bagian mitos ini akan kita bahas nanti ya guys hehee)
Perubahan-perubahan selanjutnya hingga musim 1973/74 tidak banyak mengalami perubahan, masih tetap menonjolkan lambang devil dan tak lepas dari warna kebesaran mereka yaitu merah hitam (rosso neri).

logo AC Milan
1974-1976
logo AC Milan
1976-1980

Memulai musim baru pada tahun 1974 AC Milan mulai menggunakan logo barunya. Logo ini sangat jauh berbeda dari logo yang sebelumnya dengan menanggalkan lambang Diavollonya, namun tetap menggunakan bendera Saint Ambrose serta warna kebesaran mereka, merah hitam. Pada logo baru tersebut Milan menggunakan bentuk oval dengan tulisan “ACM” di bagian atas dan tahun lahirnya yaitu “1899” pada bagian bawahnya. Logo inilah yang nantinya akan mengilhami logo milan di era modern.

logo AC Milan
1980-1983
logo AC Milan
1983-1987

Demi menjaga eksistensi mereka pada bidang pemasaran, lagi lagi Milan mengubah logo kebesaran mereka. Kali ini mereka melakukannya pada musim 1980 dengan kembali menggunakan lambang Diavollo, namun dengan sedikit perubahan, lalu meletakkan lambang huruf “M” tepat di bawah lambang Diavollonya dengan sebuah bintang di bawah huruf Mnya. Hingga musim 1982/83, Milan masih menggunakan warna merah hitam pada logo mereka. Namun berbeda lagi pada awal musim 1984, Milan menghilangkan warna kebesaran mereka yaitu merah hitam dan menggantinya dengan warna putih polos dengan lingkaran oval melingkari lambang Diavollo dan huruf Mnya. Lambang ini bertahan hingga akhir musim 1986/87.

logo AC Milan
1987-1995
logo AC Milan
1995-1998
logo AC Milan
1998-2009
logo AC Milan
2009-sekarang
Pada era modern kita mengenal logo Milan seperti pada gambar di atas. Namun pada dasarnya logo tersebut terilhami dari tahun 70an hingga 80an. Mulai tahun 1987 hingga sekarang logo Milan hanya mengalami sedikit perubahan namun tetap mempertahankan bentuk oval dan warna merah hitamnya.
Jika diperhatikan dengan seksama, maka kita akan menemukan sedikit perbedaan antara logo Milan tahun1998-2009 dengan logo Milan 2009 hingga sekarang. Ada sedikit perbedaan yaitu pada lingkar luar, bendera Saint Ambrose, dan pada garis vertikal merah hitamnya. Jika kita perhatikan dengan seksama maka akan kita jumpai perbedaannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s