LEBIH BAIK OLAHRAGA SAAT PAGI HARI ATAU MALAM HARI? | Tubuh Bugar ,Sehat ,Kuat

 

Dengan aktivitas yang padat, terkadang membuat waktumu untuk berolahraga menjadi lebih sedikit. Padahal, waktu ideal untuk orang dewasa berolahraga dalam lima hari adalah 150 menit atau sekitar 30 menit per harinya.

Oleh karena itu, tidak jarang banyak orang akhirnya melakukan olahraga saat sore atau malam hari. Tapi sebenarnya boleh tidak sih olahraga saat malam hari? Supaya tidak penasaran, intip ulasannya di bawah ini.

Olahraga Pagi Hari Menyehatkan

mindfullivingnetwork.com

Seperti yang sudah diketahui, olahraga paling sehat adalah ketika tubuhmu ikut terkena sinar matahari. Kenapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan sinar matahari memberikan tubuh vitamin D, selain karena udara di pagi hari juga lebih segar.

Selain itu, Vitamin D yang didapat dari sinar matahari di dalam tubuh diolah menjadi antibodi yang berguna untuk penangkal penyakit. Sehingga saat kamu rutin olahraga pagi dan terpapar sinar matahari sebelum pukul 9 pagi, maka sangat baik untuk kesehatan tulang dan kekebalan tubuhmu.

Lantas, Bagaimana Dengan Olahraga di Malam Hari?

atriathletesdiary.com

Namun sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan untuk berolahraga di pagi hari. Apalagi bagimu yang memiliki banyak aktivitas dari pagi sampai sore. Jangan khawatir, solusinya kamu masih bisa berolahraga pada waktu sore atau malam hari.

Dilangsir dari laman kompas.com, dokter spesialis olahraga, Andi Kurniawan menyatakan bahwa bila tidak sempat melakukan olahraga pagi, melakukan olahraga sore sampai malam tidak menjadi masalah bagi kesehatan.

Meskipun tidak memberikan kebaikan layaknya saat di pagi hari karena terpapar sinar matahari dan udara yang cenderung lebih segar, tapi tubuh yang banyak bergerak dan terlatih akan membuat tubuhmu tetap terjaga kesehatannya.

Jangan Terlalu Malam

optimyzeme.com

Meskipun olahraga malam tidak dilarang, namun, Andi Kurniawan menyarankan agar tidak berolahraga terlalu malam. Hal ini disebabkan dapat mengganggu jam tidur sehingga dapat mempengaruhi kualitas tidur.

Waktu yang paling ideal untuk olahraga malam adalah saat matahari tenggelam sekitar pukul 6 sore hingga pukul 9 malam. Pilihan waktu tersebut didasari oleh durasi waktu tubuh untuk beristirahat yang normal.

Hampir sama saat pagi hari, olahraga di malam hari juga harus diawali dengan pemanasan dan diakhiri dengan perenggangan atau pendinginan. Hal ini supaya tubuhmu tidak mudah cedera.

Selain itu, perlu diperhatikan juga saat beristirahat. Sangat tidak disarankan setelah berolahraga malam langsung tidur. Berikan waktu setidaknya 1 jam agar tubuhmu beristirahat, sehingga otot kembali rileks dan keringat mengering. Kemudian bersihkan kotoran dan keringat yang ada di tubuhmu dengan mandi sampai bersih.

Jangan lupa untuk merawat kulitmu usai olahraga, ya! Berikan perawatan wajah saat malam hari dengan Avoskin Night Cream yang akan melindungi kulit wajahmu agar selalu terasa kenyal, cerah, dan bebas noda.

Memiliki Manfaat yang Berbeda

greatist.com

Jika ditinjau dari waktunya, sebenarnya olahraga di pagi atau malam hari memiliki manfaat masing-masing. Menurut ahli kesehatan Dr. Michael Triangto, SpK, dikutip dari lama WomensHealthMag.com, olahraga di pagi hari ternyata banyak bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari.

Selain dapat merevitalisasi metabolisme tubuh, saat olahraga di pagi hari akan bermanfaat membakar kalori lebih banyak. Selain itu, rutin olahraga pagi menyebabkan tekanan darah bisa lebih stabil dan pastinya tidurmu di malam hari juga lebih pulas.

pinterest,com

Sedangkan olahraga pada malam hari bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas enzim dan fungsi otot, serta membantu merilekskan tubuh setelah seharian bekerja.

Justru bagi orang yang melakukan olahraga untuk pembentukan otot, olahraga malam lebih bermanfaat bila dibandingkan olahraga di pagi atau sore hari. Bahkan olahraga di malam hari bisa mengatasi masalah insomnia atau susah tidur, lho. Dengan catatan, lakukan olahraga dengan benar dan intensitasnya sesuai dengan kapasitas tubuh.

Pada prinsipnya, baik pada pagi atau malam hari itu tidak masalah, asalkan kamu tetap menyediakan waktu untuk berolahraga. Jika tidak terbiasa berolahraga, mulailah olahraga dengan melakukan aktivitas fisik yang ringan, girls! Yuk, jaga kebugaran tubuhmu agar pesona cantik alami terus terpancarkan setiap hari!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s