Masjid Huaisheng, Saksi Peradaban Islam di Cina | Perkembangan Islam DI Cina

 

Image result for Masjid Huaisheng, Saksi Peradaban Islam di CinaPeradaban Islam identik dengan bangunan ibadah, yaitu Masjid. Bangunan ibadah yang satu ini, sejak jaman Rasulullah Saw, telah menjadi pusat peradaban Islam. Berbagai kegiatan ibadah, belajar-mengajar, diskusi, musyawarah dan bahkan tempat bertemu para pedagang.

Para pedagang Muslim telah memiliki peran penting dalam penyebaran peradaban Islam di berbagai penjuru dunia, termasuk di Negeri Bambu, Cina.Masjid pertama kali muncul di Cina pada masa Dinasti Tang (618-907). Pada masa ini para pedagang Arab mulai menembus pasar Cina dan memperkenalkan Islam pada masyarakat. Masjid pertama dibangun di daerah dimana para pedagang Arab singgah, termasuk Beijing, Shanghai, Guangzhou, Hangzhou dan Quanzhou.

Masjid Huaisheng adalah salah satu masjid tertua di Cina.
Masjid Huaisheng berada di Guangzhou, dan terletak di No 56, Guangta Road. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Cina. Tidak mengherankan, mengingat bahwa Guangzhou adalah tempat Islam diperkenalkan ke Cina pada abad ke-7. Masjid Huaisheng didirikan untuk mengingat Nabi Islam, yaitu Muhammad Saw. Nama Huaisheng, berarti ‘mengingat sang Bijak’.

Dibangun pada 627, selama Dinasti Tang (618-907). Memiliki area lebih dari 2.966 meter persegi (3.547 meter persegi) dan memiliki enam bangunan penting. Bangunan penting tersebut adalah Imam Hall, Attic Wangyue, Covered Corridor (Gudang Kitab Suci Islam), Batu Steles Pavilion dan Menara Cahaya.

Masjid Huaisheng juga disebut-sebut sebagai Masjid Menara Cahaya. Menara Cahaya The Light Tower adalah menara yang digunakan sebagai mercusuar untuk kapal di Sungai Zhujiang. Bahkan, pelaut sering naik ke menara untuk mengamati kondisi cuaca. Meskipun Masjid Huaisheng menyajikan gaya arsitektur khas Dinasti Tang, tapi tetap tak luput dari cita rasa arsitektur Arab, dan menjadi fitur yang menarik dari Masjid.

Sampai saat ini, Masjid Huaisheng masih memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan Muslim di Guanzhou. Masjid ini menjadi tempat singgah Muslim dari seluruh dunia, termasuk banyak dari pengusaha yang menghadiri Cina Ekspor Komoditi Fair – Canton Fair, untuk beribadah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s