Benda benda yang di tempati jin / Saiton

Dizaman yang semakin maju seperti saat ini masih banyak mitos atau kepercayaan mengenai jin atau sejenisnya. Salah satu mitos dalam masyarakat ialah jin menyukai benda-benda layak manusia.

Benda-benda apa sajakah yang disukai jin? Dan benarkah jin menyukai benda-benda tersebut sehingga menjadi benda tersebut keramat?

Image result for guciBenda pertama yang kabarnya disukai para kalangan jin ialah guci. Sebuah pajangan
biasanya terdapat dirumah dan menjadi penghias sudut ruangan. Guci yang kecil maupun besar dipercayai masyarakat sebagai salah satu benda yang disukai oleh bangsa jin. Hal ini karena guci mempunyai ruang lapang dan kosong didalamnya.

Image result for bambu petukPernakah anda mendengar bambu pethuk, bambu ini ialah sebuah bambu secara alamiah mempunyai ruas-ruas atu buku bambu saling berdekatan antara satu dan yang lainnya karena keunikan ruasnya ini bambu tersebut dinamakan bambu pethuk. Dan diyakini sebagai salah satu hal yang disukai oleh jin dan didiami oleh bangsa jin.

Image result for keong buntetBenda selanjutnya yang dipercayai merupakan benda-benda kesukaan jin ialah keong buntet. Keong atau dalam bahasa indonesianya ialah siput. Jika mati fosilnya akan mengeras dan berubah menjadi batu. Keong buntet disebut-sebut memiliki kekuatan gaib karena masyarakat percaya keong buntet disukai bangsa jin.

Image result for batu akikFenomenan batu akik yang terjadi beberapa waktu belakangan memang menyedot perhatian dari masyarakat. Bukan hanya orang dewasa bahkan anak muda dan kaum wanita juga mengikuti perkembangan batu akik tersebut. Namun banyak kabar beredar yang menyebutkan bahwa batu akik yang bisa dijadikan cincin atau perhiasan lainnya disukai oleh jin dan bangsanya.

Meskipun opini dan mitos mengenai benda yang disukai jin beredar luas dimasyarakat tetapi tidak ada dalil yang menyebutkan bahwa jin menyukai benda-benda tersebut dan masuk didalam benda-benda tersebut. Yang ada ialah beberapa tempat yang jin suka seperti:

Image result for tempat peristirahatan untaTempat peristirahatan unta, mengenai hal ini terdapat hadis yang menguatkannya dari Abdulah Bin Muhota berkata bersabda Rasulullah SAW: “Shalatlah kalian ditempat peristirahatan (kandang) kambing dan janganlah kalian shalat ditempat peristirahatan (kandang) unta, karena sesungguhnya unta itu diciptakan dari syetan.” (HR. Ahmad 85, Ibnu Majah 769 dan Ibnu Hibban 5657 dan selainnya).

Image result for tempat peristirahatan untaToilet atau tempat buang air besar dan kecil memang terdapat dirumah kita juga kantor dan semua gedung didunia ini. Namun toilet yang kotor ialah salah satu tempat yang disukai jin. Dari Said Bin Arkamah Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya tempat-tempat buang hajat ini dihadiri (oleh para setan, pen) maka jika salah seorang dari kalian hendak masuk kamar mandi (WC) ucapkanlah, “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari setan laki-laki dan setan perempuan.” (HR. Ahmad 373).

Image result for lembah lembahSesungguhnya jin dan setan ditemukan dilembah-lembah dan tidak ditemukan dipegunungan. Syaikhul islam Ibnu Taimiyyah berkata dalam Majmu Fatawa lembah-lembah adalah tempatnya kaum jin karena sesungguhnya mereka banya ditemukan dilembah-lembah daripada didataran tinggi.

Image result for lautanLautan adalah salah satu tempat yang disukai jin, dalam hadis Jabir berkata bersabda Rasulullah SAW: “Sesungguhnya iblis meletakkan singgahsananya diatas lautan dalam riwayat lain diatas air dan kemudian diapun mengutus pasukannya.” (HR. Muslim 2813).

Image result for tempat yang rusak dan kosongTempat yang rusak dan kosong juga tidak luput dari perhatian jin, dari Suban Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah kamu tinggal ditempat yang jauh dari pemukiman karena tinggal ditempat yang jauh dari pemukiman itu seperti tinggal dikuburan.” (HR. Bukhari).

Image result for lubang hidungDan tempat lain yang disukai jin ialah lubang hidung, hal ini berdasarkan hadis: “Apabila bangun tidur hendaklah ia istintsar 3x karena setan bermalam dilubang hidungnya.” (HR. Abu Daud).

Dan tempat terakhir yang disukai jin ialah lubang-lubang ditanah, Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah salah seorang diantara kalian kencing dilubang, “Mereka berkata kepada Qatadah: “Apa yang menyebabkan dibencinya kencing dilubang?” dia berkata: “Disebutkan bahwa itu adalah tempat tinggalnya jin.” (HR. Ahmad)

Dari apa yang disampaikan jelas bahwa benda-benda yang disukai jin tidak memiliki dalil yang kuat yang ada hanyalah tempat-tempat yang disukai.

Semoga informasi diatas membuat keimanan kita lebih bertambah dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dari gangguan bangsanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s